Stop COMPARING Yourself With Others


Judul diatas sebenarnya adalah sebuah pesan yang terus2 terulang dikepala saya. Pesan yang sangat tepat untk menasehati saya yang akhir2 ini mulai membanding-bandingkan keberhasilan orang lain sampai akhirnya saya merasa minder dan kurang percaya diri. Entah kenapa saya sering melakukan ini meski saya sudah berniat untuk tidak meneruskannya. Apakah ini wajar bagi seorang manusia?

Saya berpikir memang sifat seperti inilah kodrat manusia. Kita terkadang melihat pencapaian orang lain yang lebih sukses dari kita dan membandingkannya dengan diri kita sendiri.  Akhirnya kita tidak akan pernah menemukan kesamaan dengar orang itu. Hanya akan ada 2 hasil dari perbandingan yang kita lakukan : pertama, kita akan merasa percaya diri (atau bahkan sombong) ketika membandingkan diri kita dengan orang lain yang kita anggap belum mencapai keberhasilan seperti kita. Yang kedua (dan yang lebih berbahaya) saat diri kita membandingkan dengan orang yang lebih berhasil dari kita sampai akhirnya kita merasa minder, dan rendah diri dan menganggap kita tidak bisa seperti dia. Atau mungkin kita akan menyamakan diri kita dan berperilaku seolah-olah seperti dia dan memakai topeng kemana-mana sampai akhirnya kita kelelahan, kehabisan energy karena menjadi orang munafik seperti ini.  Hiks.

Wajar. Sebagai seorang manusia adalah hal yang wajar jika kita pernah comparing ourself dengan orang lain. Tapi kita tidak bisa terus-terusan seperti itu. Belajar dari kesalahan. Dan ingatlah bahwa kita diciptakan Allah di dunia untuk tujuan yang berbeda-beda. Kita memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tugas kita hanya mencari dan mengembangkan kelebihan yang telah dikaruniai oleh Allah tersebut untuk membuat jalan keberhasilan kita sendiri.

Saya rasa obat mujarab yang dapat menyembuhkan kita dari penyakit ini adalah dengan bersyukur. Satu quotes dari Teh Vinca (penulis novel)  yang kena banget sama tulisan saya ini : “Kalau kita belum bisa dapat apa yang kita suka, lebih baik kita suka apa yang sudah kita dapat”. Ya, bener banget. Buat apa kita menghabiskan energi dan membuang2 waktu untuk memikirkan hal2 yang belum bisa kita dapat, lebih baik kita bersyukur atas nikmat dan karunia yang Allah berikan :)

Stop comparing yourself with others and BE YOUR(super)SELF! ;)

Komentar

Postingan Populer