Menjelang Akhir

Terkadang kita tidak menyadari, waktu berlalu begitu saja, begitu cepat seolah kejadian tahun kemarin seperti baru saja terjadi sebulan yang lalu. Time flies so fast. Beberapa bulan lagi, dimana akan memasuki tahun ke – empat kuliah, yang berarti sebentar lagi akan dihantui makhluk 'seram' bernama Skripsi. Minggu-minggu di semester 6 ini benar-benar terasa berlalu begitu cepat, segala tugas kuliah, organisasi dan pekerjaan lain secara bersama-sama meminta untuk diperhatikan. Dan puncaknya adalah beberapa minggu terakhir di bulan april kemarin. Dimana harus bolak-balik Nangor-Jakarta untuk beberapa acara yang bikin hectic tidak biasa. Gathering 50 Volunteer Youth FEALAC 2015, dengerin SuperMentor5 untuk pertama kalinya dan terutama untuk acara yang satu ini:  The 4th StudentsxCEOs Summit, baik yang di Bandung atau Jakarta.  Dan alhamdulillah, puncak acara SxC Summit di Universitas Indonesia kemarin berjalan dengan lancar dan berhasil memberikan impact bagi sebagian besar peserta yang datang.

Dino Patti Djalal, di Supermentor 5
Dan seperti teori opportunity cost yang diajarkan di kelas micro economics di semester 3 lalu, saat kita memilih mengerjakan sesuatu akan selalu ada yang hal lain yang dikorbankan, entah nilainya lebih kecil atau lebih besar. Di semester enam ini, dimana kelas-kelas semakin jarang terisi penuh, suasana kampus yang ‘membosankan’ dan kebanyakan mahasiswa sibuk dengan aktifitas di luar kampus. Apalagi di kelas jurusan SDM yang memang dikenal banyak kosongnya. Oh ya, di semester ini saya harus memilih jurusan atau konsentrasi yang akan diambil. Setelah menimbang dan membandingkan, akhirnya pilihan itu jatuh ke jurusan SDM(Sumber Daya Manusia) –selain karena tertarik dengan human development dan psikologi, saya juga senang melihat dan mempelajari perilaku (behaviour) orang-orang sekitar –padahal di semester awal rencananya mau masuk jurusan Komunikasi Bisnis. Yap, semoga saja ini pilihan terbaik.

Dua minggu terakhir memang banyak hal yang menguji kesabaran dan sempat kesal dengan beberapa hal yang seharusnya tidak perlu terjadi. Permasalahan yang terjadi di Kopma(baca:KKB) yang bisa dibilang cukup krusial, seperti penyelenggaraan RAT yang tertunda karena proses audit eksternal yang membutuhkan waktu cukup lama. Memang tidak bisa main-main kalau menyangkut kepentingan orang banyak. Alhamdulillah, perlahan tapi pasti problem2 ini bisa terselesaikan, dan tidak lama lagi RAT –yang dtunggu-tunggu –akan dilaksanakan dibulan mei ini. Insya Allah.

Setelah melewati minggu-minggu hectic tidak biasa itu, saya kemudian belajar bahwa seringkali kita harus bersiap untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi kapan saja. Menganggap semua akan berjalan baik-baik saja hanya akan membuat kecewa saat suatu hal tidak berjalan sesuai dengan rencana. Prepare for the worst. Dan satu lagi, apa yang saya dapatkan dari acara SxC Summit kemarin (18 April di FE Unpad, dan 1-2 Mei di PSJ UI), ternyata lebih berharga dan tak ternilai jika dibandingkan dengan perngorbanannya. Ilmu, pengalaman dan outstanding network disana sangat patut untuk disyukuri :))

Kebali ke soal perkuliahan, dan seperti yang sudah yang tulis diatas, waktu menuju tahun terakhir kuliah sudah didepan mata, bahwa sebentar lagi tanggung jawab yang lebih besar akan segera menanti. Untuk skripsi, dimana adalah karya tulis terbaik yang akan menjadi bukti keseriusan seorang mahasiswa di masa studinya, dibutuhkan komitmen untuk menyelesaikannya. Sebenarnya ada rasa sedikit tidak percaya ketika menulis bagian ini, rasanya baru kemarin saya duduk santai di semester 1, ikut deg-degan ketika Pak deden memberikan kuliah di kelas Ilmu Budaya Dasar. Seolah tak percaya sebentar lagi akan menyandang status mahasiswa tingkat akhir :(

Sekiranya boleh memberikan saran disini (yang tentunya boleh saja, kan blog sendiri ini :p) untuk junior tingkat 1 atau 2 di kampus, mungkin hanya akan ada satu pesan: Cari aktivitas dan perluas network sebanyak-banyaknya selagi masih di bangku kuliah, nikmati prosesnya, karena setelah nanti kita tidak berstatus mahasiswa lagi, kita akan merindukan masa-masa ini. Buatlah ia menjadi tak terlupakan!


#MenujuTIngkatAkhir
Will miss this place (around dorm)

Komentar

Postingan Populer