Konsultasi Regional Sulteng

This is the first post of 2014. Alhamdulillah, diawal tahun ini saya berkesempatan untuk pulang lebih awal ke kampung halaman. Bukan untuk liburan, ada kegiatan yang harus dilaksanakan disana. Kegiatan Konsultasi Regional namanya. #KRSulteng merupakan salah satu rangkaian kegiatan Parlemen Muda Indonesia dimana dalam kegiatan ini pemuda berumur 15-24 dikumpulkan dari berbagai kampus, organisasi dan Instansi di Sulteng untuk berdiskusi bersama, memetakan isu-isu krusial yang terjadi di Sulteng . Di forum diskusi ini, pemuda dapat menyuarakan aspirasinya mengenai 5 isu besar yang diangkat. Dan alhamdulillah acara #KRSulteng tanggal 9 Januari kemarin berjalan dengan baik. 

Tentunya perjalanan menuju Konsultasi Regional kemarin tidak mudah,  banyak tantangan yang dihadapi teman-teman Tim KR dan fasilitator untuk memastikan acara ini berjalan dengan lancar. Ban mobil yang bocor ketika akan mengantarkan undangan, toko spanduk yang sangat jarang buka, sampai sempat nabrak mobil orang, benar-benar menguras energi dan emosi. Belum lagi, kegiatan diskusi seperti ini sangat tidak populer disini. Beda jika ada konser artis ibukota atau ada dero bersama (*dero adalah tarian tradisional asli Sulteng) tidak ada publikasi pun pasti banyak yang datang.

#KRSulteng yang awalnya dijadwalkan akan dilaksanakan tanggal 6 Januari, terpaksa kami tunda karena berbagai pertimbangan. Konsep diskusi yang semula tidak menghadirkan pemateri, kami ubah menjadi ada pemateri di setiap tema. Untungnya, dosen-dosen di Unismuh –tempat kami mengadakan kegiatan ini dengan senang hati bersedia memberikan pengantar untuk setiap tema.

Pada saat hari H, hambatan demi hambatan datang seolah ingin mematahkan semangat kami.  Tempat, konsumsi, dan segala peralatan untuk diskusi sudah kami siapkan, hanya tinggal menunggu para peserta datang. Sayangnya, hari itu kota Palu sedang didera Hujan yang cukup deras! Padahal dihari-hari kemarin panas matahari begitu menyengat. Alhasil, peserta yang datang siang itu hanya sedikit sekali -___- alasannya cuma satu : mereka tidak bisa kemana-mana karena terjebak hujan. Keputusan harus segera dibuat. Kita tidak bisa menyalahkan hujan. Akhirnya kami menunda kegiatan sampai sehabis ashar, tapi apa daya, walaupun hujan yang turun sudah tidak begitu deras lagi, sampai sore peserta masih belum datang. 

Dan pada akhirnya acaranya dimulai selesai sholat isya, kurang lebih sekitar setengah 8 malam. Melenceng hampir 7 jam dari waktu yang sebenarnya (--“).  Poin demi poin dalam timeline berjalan dengan lancar. Peserta juga kelihatan lebih santai berdiskusi dalam setiap tema. Sampai-sampai tidak terasa sudah sampai jam 11 lebih. Terakhir, tema pilihan mengenai konflik perbatasan membuat teman-teman dalam ruangan terlihat antusias, apalagi ketika diantara mereka ada salah satu korban dalam konflik di Nunu beberapa waktu lalu.

#KRSulteng
Dan finally malam itu terpilih 2 isu krusial yang mereka anggap urgent untuk segera dilakukan perubahan di Sulteng : (1) Pendidikan dan Pemberdayaan Pemuda dan (2) Keberlanjutan Lingkungan dan Ekologi.  Dari kegiatan ini saya banyak belajar dari peserta diskusi, tentang wawasan mereka yang luas, bahwa teman-teman disini juga punya wawasan yang tidak kalah dengan mahasiswa kota besar. Semangat perubahan untuk daerahnya patut dicontoh.

Terimakasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang terlibat menyukseskan kegiatan ini, teman-teman dari BEM FH Unismuh, amar, dayat, bang jack dan jajarannya atas semua fasilitas dan bantuannya, Tim KR dan fasilitator yang luar biasa : teguh, ical, mail, tuti, dd, riri, dkk untuk pengorbanan tenaga, waktu dan pikirannya, dan semua peserta KR Sulteng atas kesediaan waktunya untuk brainstorming bersama, atas ide-ide dan solusi2 nya yang keren. Pasti kalian adalah pemuda2 pilihan yang rela mengorbankan waktu santai malamnya untuk datang dan memikirkan solusi atas masalah2 daerah! Apresiasi yang sebesar-besarnya untuk teman-teman semua. Salam perubahan!

Thanks bro!



*Liputan kegiatan #KRSulteng di muat di media Sulteng Post : Bisa baca di sini dan yang ini


  

Komentar

Postingan Populer