Tour de Pangalengan (1)

1 comment
Siapa bilang pangalengan itu famous dengan susu nya doang? Ternyata bukan cuma susu saja,   begitu banyak hal yang bisa di show up dan dibanggakan oleh warga pangalengan. Saya bisa ngomong kayak gini karena kemarin baru aja disuguhin keindahan salah satu kabupaten di  pojok selatan Jawa barat ini. Cieee :D

Dengan suhu extracold yang cukup ekstrem yang dinginnya lebih dingin dari lembang ini (lebay) dijamin orang2 yang baru pertama kali kesini bakalan ga ada yang mau mandi pagi :D 

Kemaren saya dan teman2 (angkatan 2012 IKOPIN) mengunjungi Pangalengan untuk belajar lebih jauh salah satu Koperasi disini, KPBS (Koperasi Peternakan Bandung Selatan). Mulai dari sejarah berdiri nya (yang sudah ada sejak jaman belanda), profil, manajemen, marketing sampai detail proses produksi hingga menjadi susu sapi nya. Kereeeenlah pokoknya!

Sebenarnya, jadwal study tour ini cuma sehari. Berangkat pagi dari Jatinangor dan sore di hari itu juga udah harus  balik lagi. Tapi entah kenapa study tour saya dan 11 teman lainnya malah jadi 3 hari! Kami tidak ikut rombongan pulang ke nangor dan menambah 2 hari 'study tour' itu. Gara2 hati yang belum 'puas' menikmati pangalengan, akhirnya kami menginap di rumah teman, uni dan aji. Dua rumah yang air nya sama2 dingin,  makanan nya yang enak2, dan buah2an depan rumah masing2 membuat extra study tour ini menjadi tambah berkesan.

Pangalengan memang mempunyai harta karun tersembunyi : emas putih alias susu sapi. Peternakan sapi di pangalengan sudah ada sejak jaman belanda. Sebagian besar produksi susu ini dikirim ke perusahaan ultra jaya, perusahaan swasta yang sudah bisa dibilang besar.

Disini juga ada danau, namanya situ cileunca, yang di sekelilingnya terdapat buah sejenis strawberry, arbei kalo gak salah namanya. Dan satu pesan dari saya buat temen2 yang akan berkunjung ke danau ini : jangan sampai lupa bawa uang karena gak akan bisa menikmati perjalanan menggunakan perahu mengelilingi danau ini, dan akhirnya hanya bisa menonton dari pinggir danau, seperti yang baru saja saya alami -____-

Bukan cuma danau, disini juga ada perkebunan teh yang sangaaat kereen. Malabar namanya.   Dikelilingi gunung2 yang diatasnya terdapat asap yang seolah2 berhenti membuat pemandangan di perkebunan teh ini semakin memanjakan mata. Subhanallah sekali pokoknya.


Kebun teh malabar

Petani teh

Mencari bunga desa ...
Sayangnya, di pangalengan ini sumber daya alam nya yang begitu kaya hanya bisa dimanfaatkan oleh orang2 kapitalis, bukan penduduk pribumi pangalengan. Ironis juga melihat gunung2 disini yang dijadikan 'lahan basah' oleh org2 kapitalis itu dan mengeruk 'harta karun' pangalengan ini. Semoga saja suatu saat keadaan ini bisa berbalik agar kesejahteraan warga disini lebih merata dan semakin banyak 'emas putih' yang bisa
dinikmati..

(to be continued ...)
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.