Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu!

Leave a Comment
"Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu..! " Kalimat ini sudah tidak asing lagi dikalangan Mahasiswa. Dosen-dosen biasanya menyampaikan pesan ini kepada mahasiswanya (khususnya para Maba). Sepintas kedengerannya cukup aneh. Kupu-kupu apa yang dimaksud disini? kupu-kupu malam kah? Hmm...

Oh ternyata bukan. Kupu-kupu disini adalah singkatan dari Kuliah Pulang-Kuliah Pulang. Istilah untuk mereka yang gak aktif berorganisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa atau Organisasi yang ada dikampus. Biasanya mahasiswa kupu-kupu ini, setelah selesai perkuliahan langsung pulang kekosan/kerumah nya. 

Benar atau tidaknya statement diatas adalah relatif. Tapi menurut saya, kalo dosennya aja udah saranin kayak gitu, kenapa kita gak ikuti ? *betul gak?*

Memang sih, berdasarkan penelitian, (ceileee..) mahasiswa yang gak aktif di organisasi/ukm kampus dan hanya fokus ke kuliah saja, biasanya lulus studinya lebih cepat, ipk nya tinggi dengan predikat cumlaude. wuih siapa yang gak mau coba?


Tapi menurut saya (lagi), ikut organisasi/ukm itu SANGAT PENTING! kenapa? jangan jawab begini: "Ingin belajar berorganisasi". ini adalah jawaban random. cobalah cari jawaban lain. Karena manfaat berorganisasi tidak sebatas itu saja. Ok, kalau saya pribadi, dengan berorganisasi tentunya kita berkenalan dengan teman-teman baru kan? artinya bakal menambah relasi kita. kita tahu betapa pentingnya relasi dalam menentukan kesuksesan seseorang. Dengan berorganisasi pula kita bisa belajar me-manage waktu kita, belajar membuat prioritas, menambah sudut pandang, de el el.

Seorang mahasiswa harus pintar me-manage waktunya. Kita setidaknya harus tau kapan kita harus beribadah, belajar, dan bersosialisasi. Mungkin ada dari kita yang beranggapan bahwa: "yang penting IPK saya diatas 3" sehingga belajarnya pun semata-mata hanya untuk mengejar IPK yang tinggi. Belajarnya sampai larut malam, mati-matian dan ga keluar-keluar kamar. Biasanya mahasiswa yang seperti ini tempat tongkrongannya, kalau bukan perpus, toko buku, paling di kamarnya doang. Mereka  jarang bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dan cenderung individualis. Padahal kita semua tau kalo MANUSIA ITU BUTUH SOSIALISASI. Manusia yang penyendiri cenderung mengalami stress. Jadi sisihkanlah waktu untuk bersosialisasi dengan orang2 di lingkungan sekitar kita.

Oke, kita bahas soal UKM.
Biasanya mahasiswa bakalan galau saat memilih masuk UKM yang mana, karena menurutnya semuanya bagus dan keren. Dan akhirnya malah daftar semua UKM yang ada di kampus -__-. hmmmm serakaaaah namanya ini mah!!  *jangan ditiru*

Cobalah teliti diri kita terlebih dahulu, apa hobby dan bakat kita. Contoh, kita suka travelling atau mendaki gunung, maka masuklah di UKM Pecinta Alam, jangan masuk di Club Bahasa Inggris. Kan gak nyambung. Atau kalau yang suka memakmurkan masjid, masuklah UKM pengurus masjid kampus. Lumayan kan buat nambah pahala jugaa..


Segitu dulu aja ya sharing kali ini, intinya mah: Jangan Takut Berorganisasi! ~ Semoga Bermanfaat :)

Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.